23 Februari 2013

Pelayanan Dan Kolaborasi Interdisiplin Dalam Keperawatan Jiwa



BAB I
PENDAHULUAN


1.1        Latar Belakang
Kolaborasi merupakan istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan kerja sama yang dilakukan pihak tertentu. Sekian banyak pengertian dikemukakan dengan sudut pandang beragam namun didasari prinsip yang sama yaitu mengenai kebersamaan, kerja sama, berbagi tugas, kesetaraan, tanggung jawab dan tanggung gugat.
Dalam hal medis, kolaborasi adalah proses dimana dokter dan perawat merencanakan dan praktek bersama sebagai kolega, bekerja saling ketergantungan dalam batasan-batasan lingkup praktek mereka dengan berbagi nilai-nilai dan saling mengakui dan menghargai terhadap setiap orang yang berkontribusi untuk memberikan pelayanan keperawatan kepada  individu, keluarga dan masyarakat (American Medical Assosiation (AMA), 1994).
Intinya kolaborasi merupakan proses komplek yang membutuhkan sharing pengetahuan yang direncanakan  dan menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat pasien. Bekerja bersama dalam kesetaraan adalah esensi dasar dari kolaborasi yang kita gunakan untuk menggambarkan hubungan perawat dengan ahli medis lainnya.
Berdasarkan uraian diatas kami sangat tertarik untuk memperjelas materi tentang pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa.

1.2        Rumusan Masalah
1.2.1        Bagaimana pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa?

1.3        Tujuan Penulisan
1.3.1        Tujuan Khusus
1.3.1.1  Untuk memenuhi tugas mata kuliah Keperawatan Klinik  V

1.3.2        Tujuan Umum
1.3.2.1  Untuk mendeskripsikan bagaimana pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa.

1.4        Manfaat Penulisan
1.4.1        Bagi Mahasiswa
1.4.1.1  Dapat memahami tentang pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa.
1.4.2        Bagi Masyarakat
1.4.2.1  Masyarakat dapat menggunakan makalah ini sebagai bahan bacaan maupun refrensi khususnya tentang pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa.




















BAB II
KAJIAN PUSTAKA




2.1   Pengertian Pelayanan dan Kolaborasi Interdisiplin Keperawatan Jiwa
Pelayanan dan kolaborasi interdisiplin keperawatan jiwa merupakan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh sekolompok tim kesehatan profesional (perawat, dokter, tim kesehatan lainnya maupun pasien dan keluarga pasien sakit jiwa) yang mempunyai hubungan yang jelas, dengan tujuan menentukan diagnosa, tindakan-tindakan medis, dorongan moral dan kepedulian khususnya kepada pasien sakit jiwa. Pelayanan akan berfungsi baik jika terjadi adanya konstribusi dari anggota tim dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada pasien sakit jiwa. Anggota tim kesehatan meliputi : pasien, perawat, dokter, fisioterapi, pekerja sosial, ahli gizi, manager, dan apoteker. Oleh karena itu tim kolaborasi interdisiplin hendaknya memiliki komunikasi yang efektif, bertanggung jawab dan saling menghargai antar sesama anggota tim.
Secara integral, pasien adalah anggota tim yang penting. Partisipasi pasien dalam pengambilan keputusan akan menambah kemungkinan suatu rencana menjadi efektif. Tercapainya tujuan kesehatan pasien yang optimal hanya dapat dicapai jika pasien sebagai pusat anggota tim. Karena dalam hal ini pasien sakit jiwa tidak dapat berpikir dengan nalar dan pikiran yang rasional, maka keluarga pasienlah yang dapat dijadikan pusat dari anggota tim. Disana anggota tim dapat berkolaborasi dalam menentukan tindakan-tindakan yang telah ditentukan. Apabila pasien sakit jiwa tidak memiliki keluarga terdekat, maka disinilah peran perawat dibutuhkan sebagai pusat anggota tim. Karena perawatlah yang paling sering berkomunikasi dan kontak langsung dengan pasien sakit jiwa. Perawat berada disamping pasien selam 24 jam sehingga perawatlah yang mengetahui semua masalah pasien dan banyak kesempatan untuk memberikan pelayanan yang baik dengan tim yang baik.
Perawat adalah anggota membawa persfektif yang unik dalam interdisiplin tim. Perawat memfasilitasi dan membantu pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari praktek profesi kesehatan lain. Perawat berperan sebagai penghubung penting antara pasien dan pemberi pelayanan kesehatan.
Dokter memiliki peran utama dalam mendiagnosis, mengobati dan mencegah penyakit. Pada situasi ini dokter menggunakan modalitas pengobatan seperti pemberian obat dan pembedahan. Mereka sering berkonsultasi dengan anggota tim lainnya sebagaimana membuat referal pemberian pengobatan.

2.2   Elemen Penting Dalam Mencapai Kolaborasi Interdisiplin Efektif
Kolaborasi menyatakan bahwa anggota tim kesehatan harus bekerja dengan kompak dalam mencapai tujuan. Elemen penting untuk mencapai kolaborasi interdisiplin yang efektif meliputi kerjasama, asertifitas, tanggung jawab, komunikasi, kewenangan dan kordinasi seperti skema di bawah ini.
Kewenangan
Komunikasi
Tanggungjawab
Tujuan Umum
Kerjasama
Kolaborasi Interdisiplin
Efektif
Pemberian Pertolongan
 





Kordinasi
Ketegasan

2.2.1     Kerjasama adalah menghargai pendapat orang lain dan bersedia untuk memeriksa beberapa alternatif pendapat dan perubahan kepercayaan.
2.2.2     Ketegasan penting ketika individu dalam tim mendukung pendapat mereka dengan keyakinan. Tindakan asertif menjamin bahwa pendapatnya benar-benar didengar dan konsensus untuk dicapai.
2.2.3     Tanggung jawab artinya mendukung suatu keputusan yang diperoleh dari hasil konsensus dan harus terlibat dalam pelaksanaannya.
2.2.4     Komunikasi artinya bahwa setiap anggota bertanggung jawab untuk membagi informasi penting mengenai perawatan pasien sakit jiwa dan issu yang relevan untuk membuat keputusan klinis.
2.2.5     Pemberian pertolongan artinya masing-masing anggota dapat memberikan tindakan pertolongan namun tetap mengacu pada aturan-aturan yang telah disepakati.
2.2.6     Kewenangan mencakup kemandirian anggota tim dalam batas kompetensinya.
2.2.7     Kordinasi adalah efisiensi organisasi yang dibutuhkan dalam perawatan pasien sakit jiwa, mengurangi duplikasi dan menjamin orang yang berkualifikasi dalam menyelesaikan permasalahan.
2.2.8     Tujuan umum artinya setiap argumen atau tindakan yang dilakukan memiliki tujuan untuk kesehatan pasien sakit jiwa.
Kolaborasi dapat berjalan dengan baik jika :
ü  Semua profesi mempunyai visi dan misi yang sama
ü  Masing-masing profesi mengetahui batas-batas dari pekerjaannya
ü  Anggota profesi dapat bertukar informasi dengan baik
ü  Masing-masing profesi mengakui keahlian dari profesi lain yang tergabung dalam tim.

2.3  Manfaat Kolaborasi Interdisiplin Dalam Pelayanan Keperawatan Jiwa
Kolaborasi didasarkan pada konsep tujuan umum, konstribusi praktisi profesional, kolegalitas, komunikasi dan praktek yang difokuskan kepada pasien. Kolegalitas menekankan pada saling menghargai, dan pendekatan profesional untuk masalah-masalah dalam tim dari pada menyalahkan seseorang atau atau menghindari tangung jawab.
Beberapa tujuan kolaborasi interdisiplin dalam pelayanan keperawatan jiwa antara lain :
2.3.1        Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan menggabungkan keahlian unik profesional untuk pasien sakit jiwa
2.3.2        Produktivitas  maksimal serta efektifitas dan efesiensi sumber daya
2.3.3        Peningkatnya profesionalisme dan kepuasan kerja, dan loyalitas
2.3.4        Meningkatnya kohesifitas antar profesional
2.3.5        Kejelasan peran dalam berinteraksi antar profesional
2.3.6        Menumbuhkan komunikasi, menghargai argumen dan memahami orang lain.

2.4  Hambatan Dalam Melakukan Kolaborasi Interdisiplin dalam Keperawatan Jiwa
Kolaborasi interdisiplin tidak selalu bisa dikembangkan dengan mudah. Ada banyak hambatan antara anggota interdisiplin, meliputi :
2.4.1        Ketidaksesuaian pendidikan dan latihan anggota tim
2.4.2        Struktur organisasi yang konvensional
2.4.3        Konflik peran dan tujuan
2.4.4        Kompetisi interpersonal
2.4.5        Status dan kekuasaan, dan individu itu sendiri















BAB III
PENUTUP



3.1   Simpulan
Untuk mencapai pelayanan perawatan pasien sakit jiwa yang efektif maka keluarga, perawat, dokter dan tim kesehatan lainnya harus berkolaborasi satu dengan yang lainnya. Tidak ada kelompok yang dapat menyatakan lebih berkuasa diatas yang lainnya. Masing-masing profesi memiliki kompetensi profesional yang berbeda sehingga ketika digabungkan dapat menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kolaborasi yang efektif antara anggota tim kesehatan memfasilitasi terselenggaranya pelayanan keperawatan jiwa yang berkualitas.
Kolaborasi interdisiplin tidak selalu bisa dikembangkan dengan mudah dalam keperawatan jiwa. Ada banyak hambatan antara anggota interdisiplin, meliputi ketidaksesuaian pendidikan dan latihan anggota tim, struktur organisasi yg konvensional, konflik peran dan tujuan, kompetisi interpersonal, status dan kekuasaan, dan individu itu sendiri

3.2   Saran
Demikian isi makalah ini, kami sangat menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan banyak kekurangan baik dari segi bentuk maupun materi yang kami uraikan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk perbaikan makalah selanjutnya.







DAFTAR PUSTAKA



Berger, J. Karen and Williams. 1999. Fundamental Of Nursing; Collaborating for Optimal Health, Second Editions. Apleton and Lange. Prenticehall. USA

Dochterman , Joanne McCloskey PhD, RN, FAAN. 2001 Current Issue in Nursing. 6th Editian . Mosby Inc.USA

Sitorus, Ratna, DR, S.Kp, M.App.Sc. 2006. Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit : Penataan Struktur dan Proses (Sistem) Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat. EGC. Jakarta

Siegler, Eugenia L, MD and Whitney Fay W, PhD, RN., FAAN , alih bahasa Indraty Secillia, 2000. Kolaborasi Perawat-Dokter ; Perawatan Orang Dewasa dan Lansia, EGC. Jakarta















FOMAT PENILAIAN MAKALAH ILMIAH MAHASISWA

A.    IDENTITAS KELOMPOK
1.        Nama kelompok                :    ALIT PATRISNA
                                                APDIENA SOEKARATHA      
                                                AYU WULANDARI
                                                CHANDRA GUNAWAN
                                                NGURAH FEBRA TRIANTA
2.      Jumlah anggota kelompok  :    5 orang

B.     PENILAIAN
Aspek yang dinilai
skor

ket
Tata tulis
4
3
2
1
>80% sesuai kaedah penulisan EYD
60-90% sesuai kaedah penulisan EYD
50-59% sesuai kaedah penulisan EYD
<50%sesuai kaedah penulisan EYD


Daftarpustaka
4
3
2
1
Minimal 4 sumber
Minimal 3 sumber
Minimal 2 sumber
Minimal 1 sumber

Isi tulisan
4
3
2
1

>80% sesuai topik
60-79% sesuai topik
50-59% sesuai topik
<50% sesuai topik

Etika penulisan(plagiarism)
4
3
2
1
Tidak ada kemiripan dengan kelompok lain
10-30% ada kemiripan dengan kelompok lain
31-60% ada kemiripan dengan kelompok lain
61-100% ada kemiripan dengan kelompok lain

Total nilai



Catatan :
Nilai batas lulus adalah 3,00
1.      Bila nilai makalah di bawah 3,00, maka tugas akan dikembalikan untuk di perbaiki sampai mendapatkan nilai minimal 3,00.
2.      Bila nilai etika penulisan 0 maka makalah harus di ulang (termasuk kelompok yang sama).

1.      Nama Kelompok                     :  ALIT PATRISNA
                                                   APDIENA SOEKARATHA   
                                                   AYU WULANDARI
                                                   CHANDRA GUNAWAN
                                                   NGURAH FEBRA TRIANTA
2.      Jumlah anggota kelompok      : 5 orang

C.     PENILAIAN
Aspek yang dinilai
Skor
Ket.
Kejelasan mengemukakan intisari dari tulisan
4
3
2
1
>80%
60-79%
50-59%
<50%

Kelancaran dalam penyajian, media penyajian
4
3
2
1
>80%
60-79%
50-59%
<50%

Kemampuan dalam mengemukakan argumentasi
4
3
2
1
>80%
60-79%
50-59%
<50%

Total nilai



Catatan :
Nilai batas lulus adalah 3,00
Bila nilai presentasi di bawah 3,00, maka harus mengulang presentasi sampai mendapatkan nilai minimal 3,00.






FORMAT PENILAIAN PRESENTASI
PERSEORANGAN MAHASISWA



Kelompok : 3 (Tiga)

Anggota Kelompok :
No
Nama Mahasiswa
Kehadiran
Keaktifan
Partisipasi
Sikap
1.
Alit Patrisna




2.
Apdiena Soekaratha




3.
Ayu Wulandari




4.
Chandra Gunawan




5.
Febra Trianta





Keterangan :
1.      Kehadiran diisi dengan tanda tangan
2.      Keaktifan mahasiswa dalam bertanya atau dalam menjawab pertanyaan
3.      Partisipasi : mahasiswa mengikuti sampai presentasi selesai
4.      Sikap selama presentasi
5.      Rentang nilai 1,0 – 4,0 (kecuali kehadiran)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nunas saran lan kritik majeng ring para pengwacen sami demi kemajuan blog puniki..
Suksma..